Hidup Berbagi

Hidup Berbagi
Gotong Royong dalam Kerja

Jumat, 24 Februari 2012

Novena kepada Santo Yusup

Pada setiap tanggal 19 Maret Gereja merayakan pesta Santo Yusup. Kita mengenal Santo Yusup sebagai pelindung para bapak, pelindung keluarga, pelindung para pekerja, pelindung banyak tarekat religius, dan pelindung Gereja universal.

Kita tahu bahwa Yusup adalah seorang manusia yang beriman dan taat kepada apa yang Allah minta kepadanya tanpa harus tahu hasilnya. Ketika malaikat datang kepada Yusup di dalam mimpi dan memberitahukan kebenaran tentang anak yang sedang dikandung oleh Maria, Yusup tanpa bertanya dan segera mengambil Maria sebagai isterinya. 

Ketika malaikat itu datang kembali dan mengabarkan kepadanya bahwa keluarganya dalam bahaya, maka ia segera pergi meninggalkan segala yang dimiliki, sanak saudara dan handai taulan, dan pergi ke suatu negeri asing bersama dengan isteri dan anaknya. Ia menunggu di Mesir tanpa bertanya sampai malaikat itu menceritakan kembali kepadanya bahwa situasinya sudah aman untuk pulang.

Marilah kita berdoa dengan perantaraan Santo Yusup, supaya pada saat yang khusus ini kita boleh mendapatkan rahmat khusus yang kita mohon, demi kesejahteraan dan keselamatan kita, melalui doa novena berikut ini.

Doa Novena

Ya Santo Yusup yang suci, lihatlah kami anak-anakmu yang ringkih, menghaturkan salam hormat kepadamu. Engkau adalah pelindung yang setia dan menjadi pengantara bagi semua orang yang mencintai dan memuliakan engkau. Engkau tahu bahwa kami memiliki keyakinan yang khusus kepadamu dan bahwa kami, di hadapan Maria dan Yesus, menempatkan segala harapan keselamatan kepadamu karena engkau memiliki kuasa bersama dengan Allah dan tidak akan pernah meninggalkan hamba-hambamu orang beriman ini. Karena itu dengan rendah hati kami memohon kepadamu dan mempercayakan diri kami, bersama dengan semua orang yang berharga bagi kami dan semua orang yang kami kasihi, kepada perantaraanmu. Kami memohon kepadamu karena cintamu kepada Yesus dan kepada Maria tidak pernah meninggalkan kami selama hidup kami dan selalu membantu kami pada saat kami mati.

Ya Santo Yusup yang mulia, suami Santa Perawan yang tak bernoda,  dapatkan bagi kami pikiran yang jernih, rendah hati dan penuh kasih-sayang, serta tanggap terhadap kehendak Allah. Jadilah engkau pembimbing kami, sebagai bapa, dan jadilah engkau panutan bagi kami sepanjang hidup kami, sehingga kami dapat mengalami kematian yang sama, seperti engkau pernah mengalaminya, dalam rangkulan tangan Yesus dan Maria.

Ya Santo Yusup yang penuh kasih sayang, pengikut Kristus yang setia, kami mengangkat hati kami kepadamu untuk memohon pengantaraanmu agar kami dapat memperoleh dari Hati Ilahi Yesus segala rahmat yang perlu untuk kesejahteraan hidup rohani dan hidup jasmani kami, khususnya rahmat kematian yang bahagia bagi kami pribadi, dan rahmat khusus yang ingin kami mohon dengan sangat, yaitu: ... (Sebutkan ujub doa yang ingin Anda sampaikan kepada Allah dengan perantaraan Santo Yusup pelindung keluarga).

Ya Santo Yusup, penjaga Sabda Allah yang telah menjadi manusia, kami merasa yakin bahwa doa-doa yang engkau hunjukkan kepada Allah Bapa atas nama kami akan sungguh didengarkan di hadapan tahta Allah dan dikabulkan oleh-Nya. Amin.

2 komentar:

  1. Terima kasih, pastur..
    Doa Novena ini benar-benar semakin menguatkan saya..

    Berkah Dalem...

    BalasHapus
  2. Doa ini sangat luarbiasa dan saya adalah saksinya

    BalasHapus