Hidup Berbagi

Hidup Berbagi
Gotong Royong dalam Kerja

Jumat, 20 Mei 2011

Doa untuk Orang Sakit


Doa untuk orang sakit di kamar sakit dan dipimpin oleh petugas pelayan doa adalah salah satu cara yang dengannya si sakit dibawa kepada situasi untuk tetap bisa berhubungan dengan Tuhan, dalam keadaan apa pun juga. Pelayan doa itu telah menempatkan diri sebagai pihak kedua. Dia adalah representasi dari si sakit yang sedang menderita. Ia menempatkan dirinya, pikirannya dan jiwanya pada diri orang yang sedang sakit, dan membawa dirinya bersama dengan orang sakit itu menghadap kepada Tuhan.

Doa dalam kondisi seperti itu merupakan suatu proses belajar-mengajar. Pasien adalah pembelajar, sedangkan pelayan doa itu adalah gurunya, dan Tuhan adalah perkaranya. Guru yang baik mengetahui muridnya dan mengenal perkaranya. Maka sang guru itu harus tahu tentang kebutuhan pasien dan tahu tentang sumberdaya alam semesta yang mau ia bawa ke alam pikiran pasien.

Apakah Tuhan akan menanggapi doa orang sakit? Ya, tetapi tidak sembarang doa. Isi doa dari ruang kamar sakit sama seperti isi tempat makanan untuk orang sakit. Di sana ada telor rebus, bubur, sayur bening. Begitu juga doa di ruang kamar sakit. Pasien yang mengatakan: “Tuhan berikanlah kepadaku kekuatan untuk dapat menanggung rasa sakit,” dan “berikankanlah kepadaku kesabaran untuk menemukan pemahaman yang lebih besar mengenai Engkau melalui rasa sakit ini,” lebih menerimanya secara langsung daripada pasien yang mengatakan: “Tuhan, ambillah rasa sakit ini daripadaku,” atau, “Tuhan, aku tidak kuat menanggung penderitaan ini,” atau “biarkanlah aku mati saja daripada menderita seperti ini.”

Berdoalah sesuai dengan kebutuhan pasien dalam terang kondisi sakitnya yang sekarang ia alami, sesuai dengan keadaan fisik maupun keadaan rohaninya. Tanggapan tidak akan muncul karena doa kita seperti itu, tetapi dari waktu ke waktu orang akan mengetahui secara lebih dalam apa arti doa tersebut.

Doa Mohon Istirahat
Tuhan, aku lelah dengan segala kegelisahan yang aku alami pada hari-hari ini. Buatlah aku lebih tenang. Buatlah aku lebih damai di dalam jiwaku. Seluruh sarafku menjadi begitu tegang selama hari-hari ini. Buatlah aku menjadi lebih mengerti bahwa diriku memang harus beristirahat di atas tempat tidur ini, sedemikian rupa seperti saya beristirahat di dalam Engkau dan di dalam dukungan-Mu. Dalam damai-Mu aku akan tetap tinggal setia menjalani hari-hari hidupku. Di dalam rumah-Mu perkenankan aku berbaring di pangkuan-Mu. Seperti seorang tamu boleh beristirahat setelah menempuh suatu perjalanan; demikian juga perkenankanlah aku beristirahat di rumah-Mu Tuhan sepanjang masa. Amin.

Doa Mohon Bisa Tidur
Tuhan yang kekal dan kuasa, di dalam keheningan sore dan keteduhan malam yang kelam ini, anugerahkanlah kepadaku tidur yang aman dan istirahat. Seperti ciptaan-Mu yang lain, bisa berbaring di pepohonan; seperti burung dapat tenang di sarangnya; seperti binatang liar di lubang persembunyian. Perkenankanlah aku bisa tidur tenang mencerminkan kepercayaanku kepada-Mu Tuhan. Dan dalam jaminan-Mu aku bisa tidur dalam damai-Mu. Dalam tidurku berikanlah kepadaku kepasrahan karena persekutuan para kudus bersama-Mu mendampingi aku, dan biarkanlah aku mempercayakan seluruh hidupku dalam rangkulan cinta-Mu. Amin.

Doa Mohon Kesembuhan
Tuhan, Engkau mengundang siapa saja yang hidupnya berbeban, untuk datang kepada-Mu. Biarlah tangan-Mu menjamah aku dan menyembuhkan aku. Sentuhlah jiwaku dengan belarasa-Mu terhadap orang lain. Sentuhlah hatiku dengan keberanian dan cinta-Mu yang tak terbatas bagi semua orang. Sentuhlah pikiranku dengan kebijaksanaan-Mu, supaya mulutku senantiasa mewartakan pujian-Mu. Ajarlah aku supaya aku cepat-cepat menemui Engkau di saat-saat aku membutuhkan-Mu, dan bantulah aku agar aku mampu membimbing orang lain sehingga mereka dapat berjumpa dengan-Mu karena keteladananku. Hati kudus Yesus yang penuh cinta, bawalah kesehatan di dalam tubuhku dan bawalah kesehatan juga di dalam pikiranku sehingga aku mampu melayani Engkau dengan segala kekuatanku. Sentuhlah hidupku dengan lembut, yakni hidup yang telah Engkau ciptakan, sekarang dan selama-lamanya. Amin.
Doa Sebelum Operasi
Allah yang Mahakasih, kami percayakan diri kami dalam pemeliharaan-Mu hari ini, bimbinglah dengan kebijaksanaan dan ketrampilan berpikir dan bertindak dari tangan para tenaga medis, yang melayani kami dalam nama-Mu; dan anugerahkanlah kepada kami anugerah-Mu bahwa semua penyebab dari sakit dapat Kau ubah. Semoga kami dapat mengalami sehat sebagaimana kemarin dan perkenankan kami boleh belajar menghayati hidup dalam keselarasan dengan ENgkau dan siapa saja yang ada di sekitar kami. Dengan perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.
Di dalam tangan-Mu, kami serahkan tubuh dan jiwa kami. Amin.

Doa untuk Para Dokter dan Perawat
Allah Bapa yang berbelas kasih, engkau menciptakan manusia seturut dengan gambaran-Mu sendiri. Engkau telah membuat tubuh manusia menjadi kenisah bagi Roh Kudus, yang menguduskan, kami berdoa kepada-Mu untuk para dokter dan para perawat dan semua orang yang Kau panggil untuk belajar dan mempraktekkan ilmu penyembuhan untuk orang sakit, dan pencegahan sakit dan penderitaan. Kuatkanlah mereka di dalam tubuh dan jiwanya,,dan berkatilah pekerjaan mereka, sehingga mereka dapat memberikan penghiburan bagi mereka karya penyelamatan-Mu diwujud-nyatakan dalam diri Yesus Kristus putera-Mu, yang menjadi manusia, hidup di dunia, menyembuhkan orang sakit, menderita dan wafat di kayu salib. Amin.
Doa Sesudah Operasi
Allah Penyelamat kami,kami bersyukur kepada-Mu bahwa operasi ini berjalan dengan aman, dan sekarang kami harus istirahat dalam penyertaan-Mu yang setia, buatlah kami menjadi rileks dari segala ketegangan, melepaskan segala kecemasan, dan makin mengalami kesembuhan karena sentuhan-Mu yang menyembuhkan hidup kami, dan membuat keberadaan kami makin penuh sempurna. Di saat-saat sakit, kami akan kembali kepada-Mu menemukan kekuatan, di saat kami sendirian, kami merasakan kehangatan cinta-Mu. Berikanlah kepada kami anugerah-Mu bahwa hidup, kegembiraan dan cinta-Mu mengalir dalam diri kami karena kesembuhan orang lain dalam nama-Mu. Amin.

2 komentar:

  1. Mohon dukungan doa untuk saya sudah 5 tahun sakit stroke dan insomnia. Terima kasih. Melchior suroso.

    BalasHapus
  2. NOVENA KEPADA SANTO YUDAS TADEUS

    Rasul yang amat suci, Santo Yudas Tadeus, pelayan dan sahabat Yesus yang setia, Gereja semesta menghormati dan memohon kepadamu, sebagai penolong dari masalah – masalah yang tidak ada harapannya, hal – hal yang tidak ada jalan keluarnya. Doakanlah aku, karena aku merasa sendirian dan tidak mempunyai penolong.


    Aku mohon kepadamu, gunakanlah kekuatan khusus yang diberikan padamu untuk memberikan kepadaku bantuan nyata dan sesegera mungkin disaat aku merasa bahwa bantuan itu hampir tidak ada. Dampingilah aku dalam kebutuhanku yang mendesak ini sehingga aku boleh menerima penghiburan dan bantuan surgawi atas semua kebutuhanku, masalah dan penderitaanku, khususnya ( sebutkan permohonan) : … dan sehingga aku akan memuji Tuhan bersamamu dan semua orang terpilih selamanya.


    Aku berjanji, oh Santo Yudas Tadeus, untuk selalu mengingat bantuan besar ini, untuk selalu menghormatimu sebagai rasul yang istimewa dan perkasa, untuk meningkatkan devosi kepadamu, Amin. Semoga Hati Kudus Yesus yang maha kudus selalu dihormati dan dicintai diseluruh tabernakel sampai akhir jaman, Amin. Santo Yudas Tadeus berdoa untuk kita dan mendengarkan kita, Amin. Terbekatilah Hati Kudus Yesus. Terbekatilah hati Maria yang tak bernoda. Terbekatilah Santo Yudas Tadeus diseluruh bumi dan selalu sepanjang masa.


    Lakukan doa sebanyak 6x sehari, selama 9 hari berturut – turut dengan meninggalkan 9 salinan doa di gereja setiap hari. Doa Anda akan terjawab pada hari ke 9 atau bahkan sebelumnya dan BELUM PERNAH GAGAL. Tidak peduli bagaimanapun mustahilnya, permintaan Anda akan terkabul

    BalasHapus