Hidup Berbagi

Hidup Berbagi
Gotong Royong dalam Kerja

Sabtu, 14 Mei 2011

Tuhan, Siapakah Aku?

Ya, Tuhan, Siapakah Aku?
Siapakah aku sesungguhnya?
Orang lain berbicara banyak tentang aku.
Adakah aku ini adalah pribadi
seperti yang mereka bicarakan itu?
Atau, adakah aku ini hanyalah pribadi
yang tentangnya hanya aku sendiri yang tahu?

Dan inilah yang kutahu tentang diriku:
resah, penuh harap dan sakit, laksana burung dalam sangkar,
bergulat untuk bisa bernafas,
seolah-olah ada tangan-tangan yang mencekik leherku,
rindu akan indahnya warna, bunga-bunga,
dan suara-suara burung di udara,
haus akan kata-kata yang hangat dan ramah,
akan persahabatan dan kedekatan,
berharap cemas akan terjadinya keajaiban,
gemetar tak berdaya menanti sahabat
di kejauhan yang tak kunjung datang,
gelisah dan hampa dalam berdosa, berpikir, dan berbuat,
pingsan, dan siap sedia untuk mengucap selamat tinggal
terhadap semuanya tadi.

Siapakah aku sesungguhnya?
Orang-orang menertawakan aku,
dan akhirnya, Tuhan, segala pertanyaan tentang siapa diriku,
hanyalah Engkau sendirilah yang tahu.
Tuhan aku adalah milik-Mu.
- Dietrich Bonhoeffer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar