Hidup Berbagi

Hidup Berbagi
Gotong Royong dalam Kerja

Minggu, 16 Januari 2011

Villa Dulcis



"Villa Dulcis" adalah dua kata dari bahasa Latin, “villa” (kata benda) dan “dulcis” (kata sifat), yang berarti: tempat istirahat yang manis; tempat istirahat yang indah, bagus, enak dan nyaman. Pemakaian dua kata Latin “villa dulcis” untuk blog ini, mendapatkan inspirasinya dari suatu pengalaman hidup yang menyegarkan, yang terjadi pada hari istimewa yang disebut “dies villae”, yaitu hari untuk berkunjung ke villa. Hari berkunjung ke villa itu terjadi pada hari libur, pada hari istirahat.

Pada suatu hari minggu, selepas makan pagi, saya bersama dengan beberapa teman yang sedang menjalani masa studi di Kolese Stanislaus Girisonta, pergi berlibur bersama ke sebuah villa di daerah Bandungan, yang dikenal dengan nama villa “Sine Wente”. Untuk acara liburan seperti ini biasanya sudah dipersiapkan lebih dulu: apa saja aktivitas yang akan dilakukan di sana. Ada doa bersama, jalan-jalan bersama, menikmati alam sekitar, makan bersama. Sudah barang tentu, tersedia juga waktu pribadi untuk diisi apa saja sesuai dengan selera. Tidak pernah terlupakan bahwa hari libur seperti itu karena hari istimewa, banyak waktu digunakan untuk relaksasi, refleksi dan baca-baca. Sepulang dari liburan, saya dan teman-teman sungguh merasakan adanya suatu kesegaran yang mampu memberikan energi baru untuk kembali menjalani hidup yang biasa dan rutin dengan semangat baru, penuh kegairahan.

Dewasa ini banyak orang tidak dapat menikmati liburan, entah karena biaya, karena waktu, karena kesempatan, atau karena situasi lain yang tidak memungkinkan. Karena kesibukan, orang tidak lagi bisa menyediakan waktu untuk hening sejenak, untuk menimbang-menimbang dan memberi makna dari peristiwa-peristiwa kehidupan. Banyak orang hanyut dalam kesibukan, dan mereka hidup dalam hiruk pikuk pengejaran. Dikejar oleh berbagai tuntutan: menyelesaikan studi dengan prestasi gemilang, mencari uang menumpuk kekayaan, mengejar target penjualan, menekan ongkos memaksimumkan keuntungan, mengejar kenaikan jabatan, menepati deadline laporan yang dijadwalkan, menentukan strategi untuk mendapatkan pendapatan optimal. Dewasa ini banyak orang terlena untuk mengejar uang, kekayaan, ketenaran, kehebatan, kekuasaan, tetapi mereka tidak mendapatkan kebahagian dan kedamaian hidup. Mereka mengalami kesepian, jauh dari sesama, dan lupa membangun relasi dengan sang pemberi hidup, yakni: Tuhan.

Villa Dulcis” mengajak orang untuk singgah sebentar, meluangkan waktu hening, mendapatkan kesegaran, mendapatkan ruang untuk berefleksi, menimbang kehidupan, menimba visi baru dalam kehidupan, untuk merajut kehidupan baru yang lebih segar. “Villa Dulcis” adalah tempat yang nyaman bagi siapa saja untuk menyegarkan, merefleksikan, dan memperbarui hidup. Villa Dulcis is a convenient place for refreshing, reflecting, and renewing life. Saya berharap di tempat ini semakin banyak orang dapat berkumpul, berbagi refleksi, dan menikmati hari-hari istimewa, dies villae. @@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar