Hidup Berbagi

Hidup Berbagi
Gotong Royong dalam Kerja

Sabtu, 12 Februari 2011

Doa Mohon Kerendahan Hati


Santo Agustinus pernah menulis: “Hanya melalui kerendahan hati seseorang dapat meraih surga. Allah adalah sempurna, dan kesombongan membuat kita jauh dari Dia, tetapi melalui kerendahan hati, kita dapat mendekati Dia.”


Maka, marilah kita jadikan “Doa Mohon Rendah Hati” dari Santa Theresia Lisieux (1873-1897), seorang Pujangga Gereja ini, menjadi doa kita juga. Kita akan belajar dari Yesus tentang kerendahan hati itu, bersama dengan Santa Theresia Lisieux.


Ya, Yesus! Ketika Engkau berada di dunia, Engkau pernah bersabda: “Belajarlah dari Aku, karena Aku ini lemah lembut dan rendah hati. Dan jiwamu akan mendapatkan kelegaan.” Ya Raja Surgawi, jiwaku sekarang telah mendapatkan kelegaan dengan melihat Engkau berbaju hamba (Flp 2: 7), merendahkan diri dengan membasuh kaki para murid-Mu.


Kemudian aku menjadi ingat akan kata-kata yang pernah Engkau sampaikan seolah Engkau mengajar aku untuk mempraktekkan kerendahan hati: “Apa yang Aku kerjakan adalah untuk memberikan kepadamu teladan: seperti yang telah Aku lakukan, demikian juga harus kamu lakukan. Murid tidaklah lebih besar katimbang gurunya. Suatu ketika kamu tahu akan semua ini, berbahagialah kamu jika kamu mengambil hal-hal itu untuk dilakukan.” (Yoh 13: 15-17).


Aku telah mengetahui semuanya itu ya Tuhan, aku memahami kata-kata yang keluar dari hati-Mu yang lembut dan rendah hati, dengan bantuan rahmat-Mu aku ingin memilih hal-hal itu untuk dipraktekkan.

Aku ingin untuk menjadi rendah hati dan menyerahkan kehendakku kepada kehendak saudara-saudariku, tidak melawan mereka dalam segala sesuatu dan tanpa mencari-cara apakah mereka mempunyai hak untuk memerintah aku. Ya Yesus yang aku cintai, tak seorang pun memiliki hak di mana Engkau memberi perhatian, dan Engkau menaati tidak hanya Bunda Maria Perawan Tersuci dan Santo Yosef, tetapi juga mereka yang menganiaya Engkau.


Sekarang aku melihat bahwa Engkau membawa makna terhadap segala hal yang terjadi. Betapa rendah hati Engkau, ya Raja Kemuliaan. Betapa Engkau lemah lembut dan rendah hati hati-Mu yang Engkau perlihatkan bagiku. Ya Yesus yang lemah lembut dan rendah hati, buatlah hatiku seperti hati-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar