Hidup Berbagi

Hidup Berbagi
Gotong Royong dalam Kerja

Senin, 07 Februari 2011

Tuhan Jadikan Aku Jujur dan Tulus


Tuhan, buatlah aku jadi rendah hati, dan jangan biarkan aku menjadi munafik dan berpura-pura. Buatlah aku gembira, tapi jangan aku menjadi seenaknya. Buatlah aku tekun dan bersungguh, tapi jangan sampai aku jadi sombong karenanya. Buatlah aku rajin dan giat, tapi jangan sampai aku kehilangan pikir dan pertimbangan. Buatlah aku jujur, dan tidak mendua hati.

Tuhan, berilah aku rahmat, agar aku hormat dan takut pada-Mu, tanpa aku menjadi putus harapan, agar aku berharap pada-Mu tanpa aku menjadi petualang yang asal berani menentang bahaya, agar aku menjadi suci tanpa noda dosa, agar aku memahami dan menerima kesalahan sesamaku dengan lemah lembut, dan agar aku menopang dan menegakkan dia lewat kata dan perbuatan tanpa menjunjung tinggi diriku sendiri.

Tuhan, berilah aku rahmat agar aku taat dan tawaduk tanpa melawan, dan agar aku sabar tanpa mengeluh dan menggerutu.Yesus yang baik, anugerahkanlah padaku hati yang selalu waspada dan berjaga-jaga, hingga aku tak terjauhkan dari-Mu karena tergoda dan tertarik oleh pikiran-pikiran yang selalu bernafsu untuk ingin tahu. Berilah aku hati yang tabah, hingga aku tak terseret oleh kecenderungan-kecenderungan yang nista. Berilah aku hati yang kuat sentosa, agar aku tak menyerah kalah menghadapi segala kegagalan dan bencana. Berilah aku hati yang bebas, agar aku tak terkalahkan oleh kekerasan hati apa pun jua. Berilah aku hati yang patuh, agar dalam dirku tiada sedikit pun tempat bagi keinginan dan cita-cita yang jahat.

Tuhan yang penuh cinta, curahkanlah padaku budi untuk mengenal-Mu. Curahkanlah padaku hasrat untuk mencari-Mu, kebijaksanaan untuk menemukan-Mu. Tumpahkanlah padaku pertobatan dan perubahan hidup yang akan menyenangkan hati-Mu. Turunkanlah padaku keteguhan, yang mampu menatap-Mu dengan kegembiraan dan harapan. Anugerahilah aku kepercayaan yang yakin, bahwa suatu saat aku bersatu dengan diri-Mu.

Tuhan, berilah aku rahmat, agar dapat bertobat dan melakukan silih karena mataku Kaumampukan untuk melihat hukuman yang pantas aku tanggung karena dosa yang aku buat. Tuhan buatlah aku tahu, bagaimana dalam hidup ini aku dengan bantuan rahmat-Mu dapat membuat sesuatu yang berguna dari segala kebaikan yang Kauberikan padaku. Akhirnya Tuhan, ijinkan aku untuk menikmati sukacita-Mu di surga karena padaku telah Kaulimpahkan cahaya kemuliaan-Mu. Engkaulah Tuhan, yang hidup dan bertakhta sepanjang segala masa.
Santo Thomas Aquinas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar